uiGEzzKwloqlRMNpQOJBJ736gpiqOjXQtxL5lJXS

Akhirnya Ninja ZX-250R Yang Harganya Mencapai 100 juta Rilis, Ini Spesifikasi Lengkapnya

Akhirnya Ninja ZX-250R Yang Harganya Mencapai 100 juta Rilis, Ini Spesifikasi Lengkapnya

Journeyotomotif.com - Akhirnya PT KMI (Kawasaki Motor Indonesia) merilis motor sport 250cc terbarunya dengan 4 silinder pada bulan Juli 2020 lalu, dalam peluncuran ini Indonesia dipilih sebagai tempat debut Kawasaki Ninja ZX-250R, sekaligus menjadi yang pertama di dunia. harganya pun mencapai 100juta ya wajarlah motor ini dibekali dengan 4 silinder dan rangka baru, tentunya motor ini sudah ditunggu-tunggu oleh para pecinta  motor sport di Indonesia.

Pasalnya,spesifikasi yang di tawarkan oleh Kawasaki Motor Indonesia ini bukan main-main karena mempunyai mesin 250cc 4-tak dengan konfigurasi In Line 4 silinder. Ini merupakan motor sport di kelas 250cc pertama yang mempunyai 4 buah silinder.

Untuk rangkanya, Kawasaki Ninja ZX-25R mengusung Trellis Frame yang konsepnya terinspirasi dari ajang World Superbike, alhasil motor ini dapat menikung dengan sempurna.

Dari suspensi depannya motor ini mengusung shock model Upside Down dengan diameter 37mm, sedangkan untuk suspensi belakangnya menerapkan onsep Horizontal Back Link seperti Ninja ZX-10R.

Untuk bagian pengereman depannya menggunakan disc berdiameter 310 mm dengan radial mount caliper, dan pada bagian belakang disnya berdiameter 220 mm.

Dan pada bagian Fitur-fiturnya terdapat : Economical Riding Indicator, Assist & Slipper Clutch, Electronic Throttel Valves,KTRC (Kawasaki Traction Control).

  • Assist & Slipper Clutch
Akhirnya Ninja ZX-250R Yang Harganya Mencapai 100 juta Rilis, Ini Spesifikasi Lengkapnya

Berdasarkan dari kegiatan balap, Assist & Slipper Clutch menggunakan 2 jenis Cams (assist cam dan slipper cam) untuk menggerakan hub kopling dan plat operasi secara bersamaan maupun terpisah.

Dalam operasi normal, assist cam berfungsi sebagai mekanisme self-servo, menarik hub kopling dan mengoperasikan pelat bersamaan untuk mengompresi pelat kopling, hal ini membuat total beban pegas kopling berkurang, menghasilkan tuas kopling lebih ringan saat mengoperasikan kopling.

Ketika pengereman engine yang berlebihan terjadi, slipper cam ikut berperan sebagai akibat dari penurunan gigi cepat (tidak sengaja), memaksa hub kopling dan pelat beroperasi terpisah. Hal ini mengurangi tekanan pada pelat kopling untuk mengurangi torsi belakang dan membantu mencegah ban belakang meloncat dan tergelincir. Fitur balap ini sangat berguna saat mengendarai di trek.

  • Economical Riding Indicator
Akhirnya Ninja ZX-250R Yang Harganya Mencapai 100 juta Rilis, Ini Spesifikasi Lengkapnya

Motor Ninja ZX-25R ini dapat mencapai efesiansi bahan bakar dengan menggunakan kontrol elektronik pengelolaan engine dengan ketepatan tinggi. Namun konsumsi bahan bakar juga sangat dipengaruhi oleh penggunaan throttel, pemilihan gigi, dan elemen lainya di bawah kendali pengendara. Economical Riding Indicator berfungsi untuk menunjukan kondisi konsumsi bahan bakar dalam jumlah rendah. Sistem terus memantau konsumsi bahan bakar, terlepas dari kecepatan kendaraan, kecepatan engine, posisi throttle, dan kondisi berkendara lainya. Ketika konsumsi bahan bakar rendah pada kecepatan tertentu den efisiensi bahan bakar tinggi, maka tanda "ECO" muncul dilayar LCD panel instrumen. Jika pengendara dapat mempertahan kan tanda "ECO" tetap menyala, maka konsumsi bahan bakar dapat dikurangi.

Kecepatan kendaraan dan engine yang efektif dapat bervariasi tiap tipenya, tapi dengan memperhatikan kondisi yang menyebabkan tanda "ECO" muncul dapat membantu pengendara meningkatkan efesiensi bahan bakar, selain itu juga membantu meminimalkan dampak negatif terhadap lingkungan.

  • Electronic Throttel Valves
Akhirnya Ninja ZX-250R Yang Harganya Mencapai 100 juta Rilis, Ini Spesifikasi Lengkapnya

Sistem aktuasi throttel elektronik dari Kawasaki memungkinkan ECU untuk mengontrol volume bahan bakar melalui injector dan udara melalui katup throttel yang dikirim ke engine. Injeksi bahan bakar dan posisi katup throttel yang ideal menghasilkan respons engine alami yang halus dan output engine ideal. Sistem ini juga memberikan konstribusi signifikan terhadap pengurangan emisi.

Katup throttel electronik juga memungkinkan kontrol yang lebih presisi terhadap sistem management engine elektronik seperti S-KTRC dan KTRC, dan membuat penerapan sitem elektronik seperti KLCM, Kawasaki Engine Brake Control, dan Electronic Cruise Control.

  • KTRC (Kawasaki Traction Control)
Akhirnya Ninja ZX-250R Yang Harganya Mencapai 100 juta Rilis, Ini Spesifikasi Lengkapnya

KTRC, sistem pengontrol traksi canggih dari Kawasaki yang meningkatkan performa sport riding dan memberikan kenyamanan saat menghadapi permukaan jalan yang licin dengan percaya diri. Berbagai mode dapat dipilih oleh pengendara sesuai dengan pilihan dan tingkat yang dihadapi pengendara.

Mode yang dapat mengurangi gangguan saat mempertahankan traksi yang optimal ketika ditikungan. Di desain untuk sport riding, mode ini memfasilitasi akselerasi saat keluar dari tikungan dengan memaksimalkan roda belakang sebagai penggerak ke depan. Dan karena perangkat lunak canggih ini mendasarkan analisisnya pada sasis yang mengikuti permukaan trek, mode ini dapat memperhitungkan sudut camber, gradien, dll serta beradaptasi sesuai situasi.

Model yang dilengkapi dengan IMU menggabungkan feedback orientasi sasis untuk memberikan manajemen yang lebih tepat.

  • Power Modes
Akhirnya Ninja ZX-250R Yang Harganya Mencapai 100 juta Rilis, Ini Spesifikasi Lengkapnya

Tipe Kawasaki yang dilengkapi dengan beberapa Power Modes menawarkan pilihan pengiriman daya engine yang dapat dipilih dengan mudah untuk disesuaikan dengan kondisi atau pilihan berkendara. Selain Full Power Mode, ada juga pilihan satu (Rendah) atau dua (menengah ke bawah) dimana daya maksimun terbatas dan respons throttel lebih ringan.

Spesifikasi Kawasaki ZX-25R

Power

  • Jenis Mesin - Liquid-cooled, 4-stroke In-Line Four
  • Sistem pengapian - Digital
  • System Final Driven Type - Chain
  • Kopling - Wet multi-disc, manual
  • Power Maksimum - 37.5 kW (51PS) / rpm (with Ram Air)
  • Torsi Maksimum - 22.9 Nm (2,3 kgfm) / 15,500 rpm
  • Diameter X Langkah - 50.0 x 31.8 mm


SPESIFIKASI KAWASAKI ZX-25R

POWER

JENIS MESIN

Liquid-cooled, 4-stroke In-Line Four

SISTEM PENGAPIAN

Digital

SYSTEM FINAL DRIVE TYPE

Chain

KOPLING

Wet multi-disc, manual

POWER MAKSIMUM

37.5 kW (51PS) / 15,500 rpm (with Ram Air)

TORSI MAKSIMUN

22.9 Nm (2,3 kgfm) / 15,500 rpm

DIAMETER X LANGKAH

50.0 x 31.8 mm

VOLUME SILINDER

249.8 cc

SISTEM KATUP

DOHC, 16 valves

SISTEM PENGAPIAN

Fuel injection

PERBANDINGAN KOMPRESI

11.5 : 1

TRANSMISSION

6-speed, return

PRIMARY REDUCTION RATIO

2.900 (87/30)

FINAL REDUCTION RATIO

3.429 (48/14)

PERFORMANCE

SUSPENSI DEPAN

37 mm inverted fork (SFF-BP)

SUSPENSI BELAKANG

Horizontal Back-link, gas-charged shock with spring preload adjustability

REM DEPAN

Single semi-floating 310 mm

REM BELAKANG

Sigle 220 mm disc

RODA DEPAN

110/70R17 M/C (54H)

RODA BELAKANG

150/60R17 M/C (66H)

TRAIL

24.2 / 99 mm

DETAILS

PANJANG X LEBAR X TINGGI

1,980 X 750 X 1,110 mm

JARAK POROS RODA

1,380 mm

JARAK KE TANAH

125 mm

BERAT

180 kg

KAPASITAS BENSIN

15 liter

Posting Komentar