Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lampu Indikator Motor Injeksi Honda (MIL) menyala terus ? simak cara mengetahuinya

Journeyotomotif.com - Buat Sobat para pengguna motor Honda yang pernah mengalami sepeda motor ya ada lampu yang bekedip cepat dan lambat dan berwarna kuning, tentu saja hal itu akan membuat kita merasa panik dengan kedipan itu. Jangan khawatir dan langsung buru-buru untuk membawa motor kebengkel, karena sobat dapat mengetahui apabila ada kerusakan pada sistem PGM-FI motor sobat dengan cara membaca kedipan di panel speedometer.

Lampu Indikator Motor Injeksi Honda (MIL) menyala terus  simak cara mengetahuinya
(Photo credit by : www.bahasoto.my.id)

Sekilas Tentang Kedipan injeksi atau Lampu MIL

Kedipan yang dimaksud adalah kode DTC atau kode kerusakan dan biasa disebut MIL (Malfunction Indikator Lamp), lampu Mil ini berfungsi sebagai pemberitahu kondisi sepeda motor. Untuk mengetahui  kerusakan yang terjadi pada sistem PGM-FI dimana kita bisa melakukan perhitungan pada jumlah kedipan yang muncul. Kedipan itu sendiri terbagi menjadi 2 macam kedipan yaitu, kedipan pendek(0,3detik) dan kedipan panjang(1,3detik). Kedipan pendek dihitung dengan nilai 1 dan jika kedipan panjang dihitung sama dengan 10, cara mebacanya misalkan di motor Honda Scoopy FI lampu mil nya berkedip 1 kali panjang dan 2 kali kedipan pendek, dan jika dihitung kedipanya ialah 12 kedipan maka kediapan ini menandakan ada kerusakan bagian Injector.
Untuk sepeda motor Honda memiliki standar kedipan tersendiri.

Daftar Lampu Mil atau Kode Kerusakan Motor Honda

1 KEDIPAN

Kode ini menunjukan adanyan gangguan pada Manifold Absolute Pressure (MAP). Sensor ini mendeteksi tingkat ke vakuman pada intake manifold.

7 KEDIPAN

Kode ini menandakan adanya gangguan pada Engine Oil Temperature (EOT) atau Engine Collant Temperatute (ECT). Gangguan di komponen ini bisa menyebabkan sistem pembakaran tidak bekerja dengan maksimal, gejala yang didapat motor sulit untuk dihidupkan.

8 KEDIPAN

Kode ini menunjukan terjadinya gangguan pada sistem Throttel Position (TP). Gangguan ini dapat menyebabkan pemborosan bahan bakar dan motor sulit dihidupkan.

9 KEDIPAN

Kode ini menandakan sensor Intake Air Temperature (IAT) mengalami gangguan. Sensor ini bekerja sebagai pendeteksi suhu udara melewati sensor Throttel Body dan merubahnya menjadi sinyal listrik yang dikirimkan ke ECU/ECM, dengan adanya sensor intake air temperature ini jumlah bahan bakar yang dihasilkan menjadi tetap optimal.

12 KEDIPAN

Kode ini menandakan adanya gangguan pada sistem Injector. Yang menyebabkan Fuel Pump Unit dan Coil Ignition mati dan alhasil motor tidak dapat dihidupkan.

21 KEDIPAN

Kode ini menunjukan gangguan pada sensor o2. Sensor ini berfungsi sebagai pendeteksi gas buang.

29 KEDIPAN

Kode ini menandakan Idle Air Control Valve (IACV) mengalami gangguan. Komponen ini sendiri merupakan salah satu yang membantu penyalaan mesin, masalah yang di dapat motor mati terus, dan sulit dihidupkan.

33 KEDIPAN

Kode ini menunjukan adanya gangguan pada Engine Control Module (ECM). Dan komponen ini adalah otak dari seluruh sitem PGM-FI akibatnya motor tidak dapat dihidupkan.

52 KEDIPAN

Kode ini menunjukan adanya masalah pada bagian sensor Crankshaft Position (CKP). Yang mengakibatkan motor tidak dapat hidup dengan normal dan putaran mesin menjadi tidak stasioner.

54 KEDIPAN

Kode ini menandakan ada gangguan pada sensor Bank Angle System (BAS). Sensor ini berfungsi mematikan tenaga motor ketika mesin mengalami kemiringan mencapai 60 derajat.

Itulah daftar kode kerusakan pada sistem PGM-FI motor Honda, semoga dapat mempermudah sobat sekalian untuk mengetahui dan memeriksa gejalan yang dialami sepeda motor.

Posting Komentar untuk "Lampu Indikator Motor Injeksi Honda (MIL) menyala terus ? simak cara mengetahuinya"