Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kupas Tuntas Cara kerja Stop & Start System Yamaha!!!

Kupas Tuntas Cara kerja Stop & Start System Yamaha

Apa Itu Stop Start System (SSS) Pada Motor Yamaha?

Journeyotomotif.com - Belum lama ini Yamaha sedang mematenkan sebuah teknologi baru atau fitur terbaru untuk motor skutik. Teknologi tersebut dapat mematikan mesin sementara pada saat motor dalam keadaan berhenti sejenak atau pada saat menunggu di lampu merah (traffic light) sekaligus menghemat bahan bakar yang terbuang sia-sia, fitur terbaru ini mirip seperti Teknologi Idling Stop System (ISS) yang ada pada motor Honda.

Cara Kerja Fitur Stop Start System (SSS)

Sistem kerjanya juga tebilang mirip seperti teknologi Idling Stop System pada motor Honda. Dimana posisi motor dalam keadaan berhenti dan posisi throttel tertutup penuh, telah mencapai batas minimun kecepatan, telah mencapai suhu temperature minimum dan lainya maka mesin akan mati secara otomatis.
Kemudian cara menghidupkan nya tinggal buka throttel perlahan seiring dengan putaran gas dan kenaikan rpm mesin.

Syarat Fitur Stop Start System Dapat Bekerja

Syarat kerja fitur Stop Start System ini di saat kondisi sepeda motor beroperasi atau dalam keadaan melaju, berikut beberapa syarat yang harus diperhatikan :
  • Pastikan sakelar Stop Start yang terdapat pada holder sebelah kanan dalam posisi ON
  • Temperature mesin harus di atas 50° celcius
  • Kecepatan harus lebih dari 10 km/jam sebelum berhenti
Hal ini akan terdapat pada panel speedometer, jika semua persyaratan di atas terpenuhi maka lampu indikator yang terdapat pada speedometer akan menyala. Disaat pengendara melakukan pengereman motor berhenti selama kurang lebih 6 detik, kecepatan mencapai dibawah 3 km/jam, rpm dibawah 2.200 RPM, dan throttel dalam kondisi tertutup penuh. Maka di indikator speedometer akan berkedip menandakan system Stop Start bekerja dengan baik. Dan pada saat pengendara ini melaju kembali, cukup membuka throttel maka mesin akan otomatis menyala, dan pada indikator yang berkedip akan berubah menjadi menyala terus (stand by).

Posting Komentar untuk "Kupas Tuntas Cara kerja Stop & Start System Yamaha!!!"