uiGEzzKwloqlRMNpQOJBJ736gpiqOjXQtxL5lJXS

Honda CBR600RR Resmi Mengaspal Di Indonesia Dan Lengkapi Jajaran CBR Tricolor Series

Honda CBR600RR Resmi Mengaspal Di Indonesia Dan Lengkapi Jajaran CBR Tricolor Series

Journeyotomotif.com - PT Astra Honda Motor resmi meluncurkan CBR600RR di Indonesia, kehadiranya berbarengan dengan peluncuran serentak pilihan varian warna Tricolor pada seluruh mode CBR Series yang di pasarkan di Indonesia.

Setelah tahun lalu hadir melalui CBR1000RR-R Fireblade, kini warna Tricolor juga di sematkan pada motor super sport CBR600RR yang mempresentasikan semangat dan pengaplikasian teknologi balap.

Konsep super sport CBR600RR sangat kuat di tampilkan dengan mengusung konsep Awaken The Race. Desain fairing dengan headlight baru yang lebih agresif dengan minim area frontal untuk menghadirkan koefisien drag yang lebih kecil terhadap angin. 

Penyematan Winglet dengan teknologi aerodinamis yang terinspirasi dari RC213V di MotoGP, secara efekrif memberikan down force saat berakselerasi. Bagian ini juga berguna untuk memberikan stabilitas lebih saat melakukan pengereman dan tikungan. Pada tengah lampu, terdapat lubang udara yang langsung terhubung dengan air inake guna memaksimalkan performa.

Posisi dan desain tangki bahan bakar dibuat lebih rendah demi memberikan area yang makin luas bagi pengendara saat menunduk guna meningkatkan aerodinamika, menghadirkan stabilitas dalam penanganan, dan mendapatkan down force amksimum saat akselerasi, pengereman, dan menikung.

Tidak hanya desain yang lebih memikat tapi juga pada dapur pacunya CBR600RR memiliki mesin baru DOHC 599cc 4-silinder tercatat mempunyai tenaga maksimum 89 kW (121 PS)/14.000rpm. Model ini memiliki torsi puncak yang sangat besar mencapai 64 Nm (6.5kgf.m)/11.500 rpm.

Dan terdapat beberapa perubahan mesin diantaranya merubah desain camshat dan crankshaft guna meningkatkan percepatan putaran, bentuk inlet port, memperbesar diameter throttel bore, optimalisasi ukuran berbagai bagian pipa knalpot hingga perubahan pada pengatur waktu bukaan katup (valve timing).

Penyematan teknologi lampu LED, di desain semakin tajam yang mengesankan agresifitas. Model ini juga di sematkan panel meter besar layar TFT full digital yang menjanjikan visibilitas yang semakin mudh berkat tingkat penerangan layar yg otomatis menyesuaikan kondisi cuaca sekitar. Layar penunjuk informasin ini mampu menampilkan 2 mode yang bisa dipilih, yaitu Street dan Circuit.

CBR600RR tentunya juga dilengkapi assist / slipper clutch, yang membuat pengoprasian tuas kopling semakin ringan, sekaligus mengurangi efek engine brake. Throttle by wire tentu menjadi peranti wajib bagi sepeda motor sport premium Honda, guna mendapatkan bukaan gas yang semakin presisi.

Model ini juga sudah dibekali sensor Internal Measurment Unit (IMU) untuk mendeteksi posisi angle sepeda motor. Komponen ini bekerja dengan Honda Selectable Torque Control (HSTC) dan Engine Control Unit (ECU), demi menjaga ban belakang tidak selip ketika melakukan akselerasi dan menikung. Fitur tersebut juga meminimalisasi ban depan terangkat saat akselerasi berlebih.


Honda CBR600RR Resmi Mengaspal Di Indonesia Dan Lengkapi Jajaran CBR Tricolor Series

Terdapat tiga mode berkendara yakni Fast Riding, Fun Riding, dan Comfortable Riding. CBR600RR juga memberi opsi bagi pengendara untuk membuat mode berkendara sendiri sesuai karakter berkendaranya melalui dua slot yang dapat mengatur tenaga (5 level), HSTC (9 level+off), wheelie control (3 level+off), dan engine brake (3 level).

Tidak lupa penyematan fitur Emergency Stop Signal (ESS) pada CBR600RR menunjang keselamatn pada saat melakukan pengereman mendadak, dimana ESS akan secara otomatis menghidupkan lampu hazard saat rem di operasikan sehingga dapat memberikan peringatan ke pengendara sekitar terutama pada posisi belakang.

Pada sistem pengereman naik kelas dari generasi sebelumnya. Pada bagian depan sudah dilengkapi double disc brake berdiameter 310 mm plus Antilock Braking System (ABS), dengan kaliper 4 piston. Sedangkan pada bagian belakang juga dilengkapi rem cakram berdiameter 220 mm berkaliper piston tunggal, plus ABS.

Honda CBR600RR juga dilengkapi dengan Honda Electronic Steering Damper (HESD) dengan tiga mode penyetelan (Hard, Medium, Soft) demi menjaga kestabilan saat melaju pada kecepatan tinggi dan menikung.

Fitur canggih lainnya pada lengan ayun (swing arm) terbuat dari aluminium yang memberikan bobot ringan dan rigid sehingga memberikan kenyamanan handling dalam melakukan manuver berkendara. Kestabilan juga didukung suspensi depan Showa Inverted Telescopic dan suspensi belakang Showa Pro-Link with Gas-Chamber. Semua suspensi dapat di sesuaikan kompresi dan rebound-nya.

Renacannya CBR600RR di banderol dengan harga Rp.550.000.000,- OTR Jakarta.

Posting Komentar