uiGEzzKwloqlRMNpQOJBJ736gpiqOjXQtxL5lJXS

Berapa Lama Masa Pakai Kampas Kopling Motor, dan Kapan Harus Ganti?

Journeyotomotif.com - Kampas kopling adalah suatu komponen penting dalam sepeda motor untuk menunjang performa motor tentu nya komponen ini tidak bisa di abaikan begitu saja.

Berfungsi sebagai penghubung dan pemutus tenaga mesin ke roda belakang, kampas kopling juga bisa aus karena pemakaian.

Berdasarkan informasi dari bengkel resmi, berikut ini beberapa panduan yang dapat dijadikan patokan dalam memastikan kondisi kampas kopling masih layak ataupun sudah harus ganti.

Berapa Lama Masa Pakai Kampas Kopling Motor, dan Kapan Harus Ganti?

"Umum nya kampas kopling bisa dipakai hingga 24.000 kilometer atau dua tahun pemakaian motor" ucap salah satu teknisi bengkel resmi.

Namun karena faktor berkendara setiap orang berbeda - beda, kampas kopling bisa aus lebih cepat dari patokan tadi.

Contoh nya seperti motor yang digunakan untuk belajar kopling manual atau berkendara agresif, dipakai buat balap atau racing, dan sering touring masa pakai kampas kopling menjadi lebih pendek.

"Dalam kondisi tersebut biasa nya sudah muncul beberapa gejala kampas kopling aus meski jarak tempuh kilometer belum tembus 10 ribu atau pun setahun pemakaian"tambahnya.

Ciri - ciri kampas kopling aus antara lain tarikan awal motor jadi lebih berat, motor kurang responsif, dan saat perpindahan  menaikan atau menurunkan gigi susah atau tersangkut saat di oper.

Selain itu, sering menahan tuas kopling pada saat tidak diperlukan juga dapat menjadi sebab kampas kopling cepat aus.

Jika tanda - tanda di atas sudah ditemukan atau di rasakan pada motor kalian segera lakukan pemeriksaan ataupun lakukan pergantian kampas kopling sebelum kerusakan lebih parah dan merembet ke komponen lain dan membuat motor tidak nyaman saat di kendaraai.

 Jika di abaikan komponen plat kopling dan rumahan kopling pun bisa ikut aus dan tentunya akan menambah budget biaya perbaikan motor.

Nah itulah beberapa infomasi tentang masa pakai kapas kopling motor dan hal hal yang menyebabkan ke ausan tersebut.

Lebih lamaTerbaru

Posting Komentar