Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Fitur Idling Stop System (ISS) Pada Sepeda Motor Honda!!!

Mengenal Fitur Idling Stop System (ISS) Pada Sepeda Motor Honda!!!

Journeyotomotif.com - Benarkah Fitur Idling Stop System dapat menghemat bahan bakar atau membuat bahan bakar lebih irit. Anggapan ini sering muncul dari kalangan pengguna motor skutik dari Honda yang sudah dilengkapi dengan Idling stop System (ISS), kali ini journeyotomotif sedikit membahas tentang penjelasan fitur Idling Stop System, mari sobat simak sejenak.Apa Itu Fitur Idling Stop System.

Apa Itu Idling Stop System???

Teknologi Idling Stop System dirancang untuk mematikan mesin pada saat kondisi motor berhenti sejenak, idling stop system dapat mengurangi konsumsi pemakaian bahan bakar motor sobat yang tidak perlu dan menurunkan emisi gas buang, kinerja mesin lebih efesien, hemat bahan bakar, dan ramah lingkungan dengan cara mematikan mesin motor sobat pada saat menunggu di lampu merah (traffic light) di jalan raya atau saat sobat berhenti dalam jangka waktu yang singkat.

Cara Menggunakan ISS

Cara menggunakan fitur ini sangatlah mudah yaitu dengan memposisikan sakelar pada posisi Idling Stop (ON). Pada posisi ini Indikator ISS yang terdapat pada panel speedometer akan menyala itu tanda ya ISS sudah ON.
Dan jika Posisi sakelar pada posisi Idling (OFF) indikator Idling Stop System tidak akan menyala pada panel speedometer.

Syarat Idling Stop System Dapat Bekerja Yaitu:

  • Sakelar Idling Stop ada pada posisi IDLING STOP
  • Mesin dihidupkan dengan electric tombol starter
  • Putaran mesin standar 1700 rpm +-100
  • Temperature mesin melebihi 60° celcius dan cukup panas untuk dihidupkan
  • Motor telah mencapai kecepatan melebihi 10 km/jam
  • Throttel dalam posisi tertutup dan handle gas dalam kondisi tertutup penuh
  • Motor dalam kondisi berhenti setidaknya selama 3 detik

Cara Menghidupkan Kembali Mesin

Periksa bahwa Indikator Idling Stop Sytem berkedip-kedip pada panel speedometer, kemudian buka handle gas secara perlahan seiring naik ya RPM mesin.
- Apabila indikator tidak berkedip-kedip, sobat tidak dapat menghidupkan mesin kembali dengan Idling Stop System, walaupun handle gas sudah dibuka penuh.
- Selama mesin dimatikan oleh idling stop system jika sobat menurunkan standar samping, maka lampu indikator ISS mati atau berhenti berkedip dan terus menyala dan motor tidak dapat dihidupkan dengan membuka throttel atau handle gas.
Itulah sedikit penjelasan tentang Fitur Idling Stop System yang terdapat pada sepeda motor Honda.

Posting Komentar untuk "Mengenal Fitur Idling Stop System (ISS) Pada Sepeda Motor Honda!!!"