Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Sih Fungsi Dari Fitur Variable Valve Actuation (VVA) Pada Motor Yamaha???

Apa Sih Fungsi Dari Fitur VVA Pada Motor Yamaha

Journeyotomotif.com - Yamaha sudah membekali sepeda motor terbarunya dengan Variable Valve Actuation (VVA), yang sudah di terapkan pada R15, NMAX, dan Aerox 155. VVA ini adalah teknologi andalan motor terbaru Yamaha. Prinsip kerjanya mirip VTEC di mobil Honda dan VVT-i (Variable Valve Timing with inteligence) di mobil Toyota. Apa sih fungsi dari fitur VVA?

Ternyata fungsi utama dari fitur VVA ini adalah untuk mengatur kerja bukaan klep (valve) dan mempertahankan performa dari putaran bawah sampai atas. VVA akan menjaga tenaga dan torsi maksimum tetap didapat pada semua putaran mesin, hal itu di dapat karena klep akan menyesuaikan faktor timing, durasi, dan lift.

Setelah putaran mesin mencapai 7.400 rpm, VVA pada motor sport seperti R15 akan aktif. ECU memberikan intruksi ke selenoid untuk pindah cam.

VVA mengubah durasi intake low cam menjadi intake high cam. Valve berubah, durasi berubah, lift berubah, otomatis tenaga siap terus "mengisi".

Hal ini berbeda pada motor type matic NMAX dan Aerox 155 setelanya pada dua skutik ini, VVA akan bekerja pada 6.000 rpm.

Posting Komentar untuk "Apa Sih Fungsi Dari Fitur Variable Valve Actuation (VVA) Pada Motor Yamaha???"